Halaman

Total Tayangan Halaman

Minggu, 11 Desember 2011

tanda tanda kehamilan

Akhir-akhir ini anda selalu mual terutama di pagi hari, anda merasa cepat lelah padahal aktifitas anda normal-normal saja dan bahkan anda belum mendapat haid bulan ini, anda bingung dan berpikir mungkin anda sedang hamil. Jika anda mengalami gejala seperti di atas jangan buru-buru memvonis diri anda sedang hamil, ada baiknya anda membaca beberapa tanda-tanda awal kehamilan di bawah ini.
Ada banyak pertanda yang menyertai kehamilan, berdasarkan pengalaman para wanita yang telah hamil, tanda dan gejala kehamilan biasanya muncul pada minggu-minggu awal kehamilan. Berikut ini 9 tanda-tanda awal kehamilan yang mungkin akan dirasakan oleh calon ibu. Penting diketahui bahwa meskipun tanda tersebut sudah anda rasakan, tetap belum bisa dipastikan anda positif hamil atau tidak, perlu dilakukan tes khusus oleh dokter untuk memastikan kehamilan anda.
Berhenti Menstruasi
Berhentinya siklus menstruasi (disebut juga datang bulan atau haid) menjadi ciri-ciri kehamilan seorang wanita. Setiap bulan seorang wanita normal menghasilkan satu sel telur. Jika tidak dibuahi oleh sel sperma maka sel telur tersebut akan luruh dan keluar dalam bentuk darah haid. Sebaliknya, bila sel telur berhasil dibuahi oleh sel sperma maka tidak terjadi proses pengeluaran darah haid dan terbentuk janin dalam rahim. Terbentuknya janin dalam rahim secara alami akan menghentikan siklus menstruasi seorang wanita.
Namun berhentinya menstruasi bukan menjadi tanda kehamilan yang pasti, terutama bagi wanita yang siklus haidnya tidak teratur. Bagi sebagian wanita ada kalanya tanggal pertama haid mundur beberapa hari dari jadwal semestinya. Maka untuk memastikan apakah menstruasi yang belum datang berarti anda sedang hamil, sebaiknya periksakan diri anda dengan alat tes kehamilan konsultasi ke dokter kandungan.
Mual di Pagi Hari
Tanda-tanda awal kehamilan yang paling umum dijumpai adalah rasa mual di pagi hari (morning sickness). Mual di pagi hari bisa disertai dengan muntah, namun ada juga yang tidak muntah. Hal ini umumnya terjadi pada saat kehamilan menginjak usia dua minggu sampai delapan minggu. Namun pada sejumlah wanita rasa mual ini bisa bertahan sampai usia kehamilan beberapa bulan. Hal ini bisa diatasi dengan makan sayuran segar, mengkonsumsi susu khusus ibu hamil dan menghindari banyak minum setelah makan.
Mual dan muntah pada awal kehamilan terjadi karena peningkatan produksi hormon estrogen yang terjadi secara drastis dalam tubuh wanita. Peningkatan kadar hormon estrogen menyebabkan pencernaan makanan dalam usus berlangsung lebih lambat dari biasanya sehingga wanita akan mengalami mual di pagi hari. Bisa kita bayangkan kalau makanan tidak segera dicerna dalam tubuh, maka segala makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh akan ditolak.
Payudara Terasa Nyeri dan Membengkak
Perubahan fisik yang jelas kelihatan pada kehamilan pertama adalah perubahan bentuk payudara. Payudara Anda akan membesar dan puting susu akan terasa nyeri bila dipegang. Perubahan bentuk payudara ini terjadi akibat peningkatan produksi hormon estrogen dalam tubuh wanita. Proses pembesaran payudara terjadi secara alami untuk persiapan produksi susu bagi bayi. Bagi wanita yang memiliki payudara kecil, perubahan ini makin memperjelas tanda-tanda bahwa dia sedang hamil untuk pertama kali.
Mudah Lelah
Para wanita seringkali mengalami kelelahan yang berlebihan pada masa awal kehamilan. Menurut ilmu kedokteran, hal ini disebabkan oleh peningkatan kinerja tubuh untuk memompa hormon dan memproduksi lebih banyak darah untuk mengedarkan nutrisi ke seluruh tubuh, termasuk untuk janin. Harap diingat bahwa pada saat wanita hamil berarti dia berbadan dua sehingga kebutuhan energi juga berlipat ganda dan mengakibatkan fisiknya mudah lelah.
Sering Buang Air Kecil
Tanda-tanda awal kehamilan lainnya yang biasa terjadi pada wanita adalah sering buang air kecil. Gejala ini umumnya terjadi pada trimester pertama kehamilan, yaitu usia kehamilan satu sampai tiga bulan. Peristiwa sering buang air kecil disebabkan oleh perkembangan rahim yang makin besar dan menekan kandung kemih wanita. Maka jangan heran kalau ada ibu-ibu hamil muda dia bolak-balik ke kamar mandi.
Susah Buang Air Besar
Gejala lain yang menjadi tanda awal terjadinya kehamilan pada wanita adalah susah buang air besar. Susah buang air besar pada wanita hamil disebabkan karena proses pencernaan di dalam usus berjalan lambat. Penumpukan makanan terjadi terus menerus sementara proses pengeluaran tubuh tidak berjalan lancar, maka kondisi ini akan menghasilkan konstipasi atau susah buang air besar.
Nyeri Perut
Rasa nyeri atau kram pada perut bukan hanya terjadi pada waktu wanita mengalami masa datang bulan atau haid. Pada sebagian wanita yang hamil muda juga ditemukan kasus nyeri perut. Kram perut pada awal masa kehamilan sama persis dengan sakit perut pada masa haid. Nyeri perut ini terjadi pada wanita hamil karena perubahan fisik wanita sedang melakukan pembesaran rahim. Rahim inilah yang menjadi tempat tumbuh kembangnya bayi selama masa mengandung.
Muncul Flek Darah
Munculnya flek darah mirip haid adalah salah satu tanda kehamilan awal, flek darah tersebut umumnya terjadi setelah 10 sampai 14 hari sesudah masa fertilisasi (pembuahan sel telur oleh sel sperma). Flek darah berupa pendarahan ringan dan jumlahnya sedikit. Untuk membedakan flek darah karena kehamilan dengan keluarnya darah pada waktu haid, kita bisa melihat bahwa flek darah awal kehamilan warnanya lebih terang dan terjadi tidak lama. Pendarahan pada masa awal kehamilan terjadi karena sel telur yang dibuahi sperma menempelkan diri pada dinding uterus dan sedang mempersiapkan diri untuk tumbuh menjadi janin.
Sakit kepala ringan
Pada tubuh wanita yang sedang hamil muda terjadi peningkatan produksi hormon dan mengakibatkan meningkatnya sirkulasi darah dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan terjadinya sakit kepala ringan dengan frekuensi yang sering. Bila Anda wanita yang baru menikah dan sering mengalami sakit kepala ringan, wasapadalah. Mungkin itu salah satu pertanda Anda sedang berbadan dua.

Lalu, Apakah Tanda-Tanda Kehamilan di Atas Bisa Memastikan Seorang Wanita Positif Hamil?

Sebagian besar wanita hamil akan mengalami tanda-tanda awal kehamilan seperti disebutkan di atas. Tetapi tiap orang bisa jadi memiliki pengalaman yang berbeda dari yang lain. Jika Anda seorang wanita dan setiap pagi anda merasa mual dan ingin muntah maka bukan berarti anda sedang hamil. Atau jika menstruasi anda belum datang, itu juga tidak berarti anda sudah positif hamil. Ada banyak penyebab anda mual di pagi hari, dan banyak faktor yang bisa mempengaruhi siklus haid anda. Jadi anda tidak pasti hamil meskipun tanda-tanda tersebut sudah anda rasakan.
Untuk memastikan apakah Anda sedang hamil atau tidak, maka diperlukan konsultasi medis. Pihak medis akan memeriksa tes urine, sampel darah ataupun melalui tes USG (ultrasonografi). Dengan demikian anda bisa mendapatkan info lengkap apakah anda sedang hamil, usia kandungan berapa bulan dan persiapan apa saja yang akan dilakukan untuk menyambut kehadiran si buah hati.
Jangan lupa menjaga kondisi tubuh supaya Anda dan calon bayi tetap dalam kondisi sehat. Tetap makan makanan bergizi dan dalam kondisi seimbang. Ingat, saat hamil Anda berbadan dua oleh karena itu perlu nutrisi ekstra agar ibu dan janin selalu sehat. Tak lupa, jalan-jalan pagi dan senam ibu hamil diperlukan agar bayi lahir sehat dan selamat. Perbanyak pengetahuan anda dan pelajari tips-tips sehat saat hamil. Semoga artikel mengenai tanda-tanda awal kehamilan ini berguna buat para wanita Indonesia.

Kehamilan :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar